KEREN!! SMA BUKIT ASAM TANJUNG ENIM MENGADAKAN PERPUSTAKAAN KELILING ARUNG PALLAWA.

berita Hits: 1231


Dok.I.F.A DAN N.M

     Baru baru ini SMA Bukit Asam Tanjung Enim sedang melakukan program perpustakaan keliling Arung Pallawa. Ada banyak buku yang menarik yang disediakan untuk dibaca oleh para pengunjung yang mengunjungi program tersebut. Buku yang disediakan pun beragam seperti buku fiksi, nonfiksi, ilmiah. Sedangkan untuk temanya pun beragam dimulai dari cerpen, animasi, kartun, dongeng, legenda dan lain sebagainya. Buku-buku yang disediakan boleh dibaca oleh banyak orang dimulai dari anak-anak, remaja dan dewasa. Mereka boleh membaca buku yang disediakan tanpa merusaknya.

   Ide untuk membuat program perpustakaan keliling Arung Pallawa ini berawal dari pengurus perpustkaan. Setelah memikirkan ide tersebut, lalu pihak pengurus perpustakaan mengajukan kepada pihak manajemen terutama Kepala Sekolah. Lalu pihak sekolah menyetujui niat baik dari program ini dan dibuatlah secara rutin yakni dua kali dalam sebulan. OSIS, MPK dan PIK-R juga ikut berkontribusi dalam program ini dengan membantu, menjaga, menawarkan buku yang disediakan untuk dibaca oleh banyak orang.

       Program ini diadakan satu kali dalam dua minggu dan di hari sabtu. Program ini biasanya dibuka setiap pukul 15.30 WIB. Disore hari, dijam dan hari tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk membuka program perpustakaan keliling. Karena ada banyak kalangan remaja dan dewasa berjalan-jalan di sore hari.

      Biasanya program ini diadakan ditempat tempat yang ramai pengunjung seperti Bundaran dekat Muhammadiyah, Plaza Tugu Kujur, lapangan dan lain sebagainya. Dua minggu sebelumnya program ini diadakan di Plaza Tugu Kujur Tanjung Enim. Pada tanggal 8 Oktober 2022 perpustakaan keliling Arung Palawa kembali diadakan di lapangan depan SDN 7 Lawang Kidul.

     Tujuan dari diadakannya program tersebut selain untuk menarik minat pembaca juga bertujuan untuk membiasakan budaya Literasi sejak dini sekaligus mengenalkan perpustakaan yang ada di SMA Bukit Asam Tanjung Enim dan juga memperluas jangkauan literasi perpustakaan. Perpustakaan ini diadakan karena di zaman sekarang anak-anak dan remaja lebih suka bermain handphone dibandingkan membaca. Nah karena hal inilah perpustakaan keliling Arung Palawa diadakan yaitu untuk mengurangi sedikit fokus mereka terhadap handphone mereka.

Penulis D.K